in , ,

10 Perbandingan, Antara Membeli Rumah vs Apartemen

rumah vs apartemen

Khusus bagi anda yang tinggal dan bekerja di kota dan berencana membeli hunian, sedang mempertimbangkan lebih baik membeli rumah atau apartemen?

Baik membeli rumah atau membeli apartemen keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mempertimbangkan apa yang paling tepat untuk anda tentu saja dengan menghitung mana yang lebih banyak kelebihannya dan lebih sedikit kekurangannya.

Karena setiap orang punya pandangan dan kepentingan berbeda-beda maka, yang paling tepat menyesuaikan kebutuhan.

Mari kita bandingkan lebih baik rumah atau apartemen

1. Dari Segi Harga

  • Rumah di pusat kota dengan dekat perkantoran harganya sudah diatas 1 M. Sedangkan di pinggiran kota masih banyak yang Rp 200-500 jt an untuk tipe minimalis
  • Apartemen di daerah pusat kota berkisar Rp 500 juta ( tipe studio) hingga 1,5 M

Rumah lebih unggul , dari segi harga bisa dibilang apartemen lebih berat karena tidak banyak pilihan harga, layaknya memilih rumah di pinggiran kota yang bisa dijangkau jika lokasinya masih jauh dari ibukota.

2. Sertifikat Kepemilikan

  • Rumah pada umumnya mempunyai Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah jenis sertifikat dengan kepemilikan hak penuh atas lahan atau tanah oleh pemegang sertifikat. SHM juga menjadi bukti kepemilikan paling kuat atas lahan atau tanah yang bersangkutan karena tidak ada lagi campur tangan atau pun kemungkinan kepemilikan oleh pihak lain.
  • Apartemen umumnya adalah Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) adalah jenis sertifikat di mana pemegang sertifikat tersebut hanya dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain dalam kurun waktu tertentu, selama 20-30 tahun. Kemudian setelah habis harus memperpanjang.

Rumah lebih unggul karena sertifikat SHM dengan kepemilikan penuh, dari tanah hingga bangunan tanpa ada campur tangan pihak lain.

3. Waktu dan Jarak Tempuh

Jika diambil harga yang sama ( misalnya budget 500 juta) , pembeli apartemen dapat lokasi di kota, sedangkan rumah di pinggiran jauh dari kota. Maka maksud waktu disiini adalah (waktu tempuh ke lokasi kerja yang biasanya ada di kota)

  • Rumah harus menempuh waktu lebih lama jika ingin pergi ke kantor ( pusat kota ) seperti Jakarta
  • Apartemen jauh lebih mudah dan dekat biasanya terletak di jalur-jalur akses transportasi yang mudah

Apartemen lebih unggul. Waktu hanya 24 jam sehari, adalah salah satu nilai yang sangat penting dibandingkan dengan uang. Itulah sebabnya banyak pengusaha, memilih membeli apartemen meskipun sudah punya rumah.

4. Nilai Investasi

  • Rumah yang menjadi nilai investasi adalah kenaikan harga tanah, tidak semua lokasi bisa mempunyai harga tanah naik, hal ini bisa dibandingkan dengan nilai inflasi dan penurunan harga bangunan.
  • Apartemen yang menjadi nilai investasi adalah harga sewa, apartemen jauh lebih berpeluang mudah disewakan karena lokasinya di kota. Biaya sewa 5-10 tahun sudah bisa menutup harga beli apartemen.

Rumah dan apartemen sama, karena  kenaikan harga tanah stabil, sedangkan apartemen bisa mudah disewakan.

5. Fasilitas

  • Rumah di area perumahan mewah yang biasanya mempunyai fasilitas lengkap, namun belum tentu ada kolam renang, tempat fitness serta minimarket yang dekat.
  • Apartemen dalam hal aktivitas sangat lengkap di lantai pertama seperti minimarket, cafe, laundry, tempat fitness, dan juga kolam renang. Tinggal di apartemen biasanya sudah sangat lengkap dalam hal fasilitas.
BACA JUGA :  Inilah Perbedaan Parfum Eud De Toilette EDT Dan Spray Cologne

Apartemen lebih unggul. Salah satu kelebihan apartemen adalah praktis karena semua fasilitas memberikan kemudahan pada penggunanya.

5. Keamanan

  • Perumahan jaman sekarang biasanya sudah ada gerbang di bagian depan yang dijaga oleh satpam, namun tetap saja tidak 100% aman.
  • Apartemen selain dijaga satpam biasanya juga butuh akses untuk bisa masuk, apartemen relatif jauh lebih aman.

Rumah dan apartemen sama nilainya, karena umumnya perumahan jaman sekaran disediakan gerbang dan satpam, atau pos kamling.

6. Fleksibilitas

  • Rumah cenderung harus ditempati, jika ingin disewakan juga susah-susah gampang tergantung lokasi. Jika ingin pindah harus menjual dan bukan hal mudah menjual rumah sangat tergantung dengan lokasi.
  • Apartemen  bisa ditempati sendiri dan juga disewakan, bahkan banyak pemilik apartemen yang memang bertujuan disewakan sebagai investasi passive income. Jika ingin menjual juga relatif mudah, karena apartemen punya kelebihan lokasi dan juga fasilitas yang memadai.

Apartemen lebih unggul, bagiamanapun juga apartemen sangat fleksibel dari segi sewa dan jual dibandingkan dengan rumah.

7. Ukuran 

  • Rumah tentu saja lebih besar selain ruangan dan kamar utama juga ada dapur, teras, taman, dan juga kadang masih ada lahan kosong di belakang
  • Apartemen sangat minimalis, bahkan untuk apartemen 2 bedroom letak ruangan utama dan kitchen set menjadi satu. Tidak ada teras, apalagi taman

Rumah lebih unggul, ada teras dan juga lahan dibelakang, bahkan juga memungkinkan untuk membangun tingkat yang tidak mungkin pada apartemen.


8. Biaya Renovasi

  • Rumah pada umumnya masih membutuhkan renovasi meskipun sudah dibangun oleh developer. Karena ukurannya lebih besar dan banyak maka biaya renovasi juga lebih besar
  • Apartemen biasanya renovasi desain interior saja agar lebih nyaman dan punya estetika ruangan yang bagus.

Apartemen lebih unggul, karena renovasi hanya pada bagian interior saja, sedangkan bangunan kewajiban pihak apartemen. Sedangkan rumah setelah menjadi hak milik, maka semua biaya renovasi di tangan sang pemilik.


9. Tamu dan Keluarga

Salah satu fungsi hunian tentu saja sebagai tempat menerima tamu juga, baik dari keluarga maupun kerabat atau teman.

  • Rumah sangat leluasa menerima tamu bahkan bisa bebas menginap dan juga fleksibel karena ruangan cukup besar
  • Apartemen karena ruangan kecil, tidak sebaik rumah dalam hal menampung tamu. Terlebih jika ada peraturan dari pihak apartemen soal perijinan tamu.

Rumah lebih unggul tentu saja jauh lebih nyaman dan leluasa dalam menerima tamu.


10. Biaya Perawatan

  • Rumah dalam hal perawatan tergantung pada sang pemilik, tentu saja semua barang apalagi rumah butuh perawatan. Namun rumah situasional saja jika butuh perbaikan.
  • Apartemen biasanya dikenakan biaya perawatan bulanan, karena di apartemen ada penjaga, satpam dan juga kebersihan.

Rumah sedikit lebih unggul, karena tidak perlu ada biaya perawatan bulanan, paling biaya iuran RT atau RW saja.

Bagaimana Menentukan Pilihan Rumah atau Apartemen?

  • Pilih rumah jika kamu adalah orang yang suka kepastian, suka menetap dalam jangka panjang, hunian tetap, yakin tinggal di suatu tempat dalam jangka panjang
  • Pilih apartemen jika kamu suka fleksibel, tidak terlalu perlu tinggal menetap, membeli waktu, suka dekat dengan lokasi kerja dan kota.

Bagaimna, apa pilihan kamu? Share jika artikel ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Tempat Investasi Terbaik dengan Modal Dibawah 1 Juta

cara investasi saham

Panduan Lengkap Cara Investasi Saham Pertama Kali